HKBP Organisasi Keagamaan Terbesar Ketiga di Indonesia

Jordan Silaban | Minggu, 03 Juli 2016 14:07:35

HKBP Parapat/pariwisatasumut.net
HKBP Parapat/pariwisatasumut.net

Sejalan dengan bangso Batak yang merupakan suku bangsa terbesar ke-tiga di Indonesia, Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) juga adalah organisasi keagamaan ketiga terbesar di tanah air.

Catatan pada  HUT ke-150 HKBP 2011 silam, gereja Batak ini memiliki anggota sebanyak 4,5 juta anggota di Indonesia. Di atas HKBP, ada Nadhlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, dua ormas Islam yang masing-masing memiliki 85 juta dan 50 juta anggota. 

HKBP juga mempunyai beberapa gereja di luar negeri, seperti di Singapura, Kuala Lumpur, Los Angeles, New York dan Colorado. Total jumlah HKBP di dalam dan luar negeri, menurut catatan 2011, adalah 3.129 gereja.

Tumbuh dari misi organisasi penginjilan Jerman, RMG (Rheinische Missionsgesellschaft) lewat tokohnya, Ludwig Ingwer Nommensen, HKBP resmi berdiri pada Senin, 7 Oktober 1861.

(BACA: Batak Suku Bangsa Terbesar Ketiga di Indonesia)

Sejak pertama kali berdiri, HKBP berkantor pusat di Pearaja (Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara) yang berjarak sekitar 1 km dari  Tarutung, ibu kota kabupaten,.

Kompleks perkantoran, pusat administrasi organisasi HKBP, berada dalam area lebih kurang 20 hektare. Di kompleks ini juga Ephorus sebagai pimpinan tertinggi HKBP berkantor.

HKBP pertama di luar Sumatera adalah HKBP Kernolong di Jalan Kwitang, Jakarta Pusat, yang didirikan pada 1919.

Gereja ini berawal dari puluhan perantau halak hita yang rindu menggelar kebaktian bahasa Batak, setelah sebelumnya mereka banyak mengikuti ibadah di gereja-gejera Protestan umum ibukota.

HKBP Kernolong/daniel harahap

(BACA: Gereja Tertua Ini Jejak Pertama Orang Batak di Jakarta)

Kebaktian marhata Batak itu akhirnya terwujud 20 September 1919 dan diperingati lahirnya Gereja HKBP Kernolong.

Tentu gereja Batak tertua di Jakarta tersebut masih aktif hingga sekarang. Gereja-gereja HKBP lain di Jakarta dapat dikatakan pemekaran dari Kernolong. 

Nah, dengan jumlah yang sedemikian besar, sudah seharusnya HKBP juga menjadi yang terdepan dalam menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia dan keutuhan NKRI.

Selamat Hari Minggu. Horas!

(Dari berbagai sumber)