Bah! Ternyata Lagu Batak Sering Dinyanyikan di Austria

Coky Simanjuntak | Minggu, 14 Agustus 2016 09:08:50

Orkestra Stadtmusik Imst featuring Martina Schwarz, Austria/Hermann Delago (FB)
Orkestra Stadtmusik Imst featuring Martina Schwarz, Austria/Hermann Delago (FB)

Lagu-lagu Batak ternyata tidak hanya sering dinyanyikan di daerah asalnya, Sumatera Utara atau Indonesia. Tetapi juga sampai ke mancanegara.

Musisi muda Batak Viky Sianipar mengatakan, lagu-lagu Batak sering ditampilkan di Austria. 

Hermann Delago, warga negara Austria yang pernah berlokaborasi dengan Viky, adalah salah satu yang paling gencar mempromosikan lagu Batak di negaranya.

"Beberapa tahun belakangan ini dia (Hermann Delago) menyanyikan lagu Batak dengan sentuhan orkestra di negaranya," kata Viky di sela-sela konser ‘kick off’ Toba World Tour di Tobadream Family Cafe, Jakarta Selatan, Jumat (12/8).

[LIHAT VIDEO: Orkestra di Austria Bawakan Lagu Kebangsaan Jomblo Batak]

Viky Sianipar dan Hermann Delago/FB

Menurut Viky, lagu-lagu Batak cukup dikenal di Tirol, negara bagian di Austria. "Musik tradisional Indonesia kan memang tidak kaku-kaku banget dan sangat ramah," kata Viky tentang alasan musik Batak diterima di Austria.

Karena musik Batak cukup dikenal di Austria, Viky akhirnya mendapatkan undangan dari pihak Stadtmusik Landeck-Perjen untuk tampil dalam sebuah acara di Kota Landeck, Tirol, Austria pada 18-29 Agustus 2016.

[LIHAT VIDEO: Bah! Hampir 1.000 Orang 'Manortor' di Hollywood Amerika]

Di negara tersebut, Viky Sianipar and Friends akan tampil sepanggung dengan musisi setempat dalam sebuah konser megah di lapangan terbuka. Konser akan disaksikan lebih kurang 1.000 orang.

Viky yang mempersiapkan konser ini selama hampir satu tahun akan menunjukkan dahsyatnya musik Batak kepada dunia.

Mantap! Sukses selalu Bang Viky...