Bah! 'Gulamo' Kepala Batu dan Ikan Sampah Sudah Dijual Online

Laurencius Simanjuntak | Rabu, 31 Agustus 2016 10:08:50

Gulamo (ikan asin) Kepala Batu dan Ikan Sampah (kanan)/blogspot
Gulamo (ikan asin) Kepala Batu dan Ikan Sampah (kanan)/blogspot

Belanja online (e-commerce) memang mulai menjadi tren masyarakat Indonesia di era digital ini. Tinggal klik barang yang ingin dibeli, transaksi, dan barang pun akan dikirimkan ke alamat pembeli.

Kemudahan penjualan online ini ternyata juga dilirik oleh penjual ikan asin alias gulamo (bahasa Batak). 

Ya, gulamo kan memang bisa dibilang 'makanan pokok' orang Batak dulu, karena susah mendapatkan ikan segar lantaran tinggal di gunung-gunung. he-he-he

Nah, lewat internet, penjual gulamo yang kebanyakan dari Sumatera Utara (Sumut), bisa dengan mudah memasarkan barang dagangannya kepada target pasar orang Batak.

(BACA: Ikan Batak, Makanan Raja-raja yang Terancam Punah)

Lapak penjual gulamo Kapala Batu/Bukalapak.com

Sebut saja gulamo kepala batu yang legendaris itu, sehingga hampir setiap lapo menyajikannya, atau ikan sampah yang  krenyes-krenyes dan sangat nikmat dimakan dengan nasi panas.

(BACA: Jangan Menolak Makan Kalau Bertamu ke Rumah Orang Batak)

Pantauan batakgaul.com, Rabu (31/8), semua itu sudah dijual di toko-toko online seperti Bukalapak dan Tokopedia. Harga yang ditawarkan pun sangat variatif, tergantung si penjual.

Tapi yang jelas, si penjual harus membungkus kiriman gulamo dengan rapih kalau tidak ingin baunya keluar ya. Takut si pengirimnya ikutan lapar..:)