Annisa Yudhoyono Jelaskan Makna 'Upa-upa' dalam Adat Batak

Ester Napitupulu | Rabu, 19 Oktober 2016 17:10:03

Agus Harimurti Yudhoyono dan istrinya, Annisa Yudhoyono menjalani adat Batak Mandailing/IG: @annisayudhoyono
Agus Harimurti Yudhoyono dan istrinya, Annisa Yudhoyono menjalani adat Batak Mandailing/IG: @annisayudhoyono

Di tengah pencalonan suaminya Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017, Annisa Yudhoyono Boru Pohan belakangan sering mengunggah segala hal terkait adat Batak di akun Instagram-nya.

Terbaru, Annisa memposting foto dia dan suaminya yang menjalani prosesi adat Batak. Tidak hanya itu, menantu Presiden ke-6 Susilo Bamban Yudhoyono itu juga menjelaskan makna Upa-upa yang tampak dalam foto.

"Dalam istilah adat batak, makna Upa-upa adalah suatu tradisi yang dilakukan orang yang berhajat untuk mendoakan orang lain (yang diupa) agar lebih baik di masa mendatang,” tulis Annisa dalam akun Instagramnya, kemarin.

(BACA: Ahok Sudah Diulosi oleh Dua Keluarga Batak Ini)

"Tradisi Upa-upa ini sudah ada sejak dari nenek moyang turun-temurun di tanah batak,” tulisnya lagi.

Agus Yudhoyono manortor/FB

Dalam status tersebut, Annisa juga tidak lupa berterima kasih atas nasihat dan doa yang sudah diberikan para orangtua dalam acara adat tersebut.

"Insya Allah akan kami pedomani,” ujar Annisa.

(BACA: Bela Ahok, Megawati Sebut Orang Batak Juga Bersuara Keras)

Seperti diberitakan, dalam acara yang digelar oleh Komunitas Masyarakat Tapanuli Bagian Selatan Jakarta Raya di sebuah kafe Mandailing di Jaksel, Senin (17/10) tampak p menjalani prosesi adat.

Pasangan suami istri tersebut diulosi dan kemudian mereka manortor. Mereka disaksikan sejumlah orang yang memakai baju berlogo 'AHY', sapaan Agus yang dipopulerkan di masa Pilgub DKI.

Annisa Yudhoyono Boru Pohan manortor/FB

Dalam akun Instagram-nya, Annisa juga pernah menegaskan bahwa dia adalah Boru Batak, sambil mengunggah foto keluarga besar Pohan.

"Keluarga Besar Pohan (saya keturunan Pohan Simanjuntak nomor 16). Horas! horas! Horas!” tulis Annisa dalam caption foto lewat akun @annisayudhoyono, Sabtu (1/10).

SPONSORED
loading...