Petra Sihombing

Coky Simanjuntak | Sabtu, 16 April 2016 06:04:48

Petra Sihombing. Facebook/Petra Sihombing
Petra Sihombing. Facebook/Petra Sihombing

Pria kelahiran Jakarta 10 April 1992 ini bernama lengkap Petra Joshua Sihombing. Mengikuti jejak ayahnya yang merupakan seorang musisi Franky Sihombing, Petra tumbuh menjadi sosok yang tidak hanya piawai bernyanyi, tetapi juga pandai bermain gitar dan piano.

Namun, tidak seperti sang ayah yang memilih musik rohani, Lelaki Ganteng Batak Tulen (‘LGBT’) yang masih lajang ini memainkan lagu-lagu sekuler.

Di usia yang masih sangat muda, 23 tahun, Petra sudah menelurkan 3 album, yakni Petra Sihombing (2009)Pilih Saja Aku (2012) dan Mine (2014).

Bakat musik Petra sudah terlihat sejak dirinya berusia 3 tahun. Namun, setelah beranjak besar, Petra kecil malu untuk bernyanyi. Berhenti dari menyanyi, Petra mulai bermain drum pada usia 7 tahun dan gitar pada usia 12 tahun.

Setahun kemudian, dia mulai membuat lagu dan mengaransemen. Semua musikalitas Petra terasah dengan sendirinya bersama sang ayah.

Dukungan dari keluarga membuatnya memutuskan untuk membuat album dengan lagu dan aransemen ciptaan sendiri. Lagu-lagunya pun diambil Petra dari kumpulan lagu yang diciptakannya sejak 15 tahun.

Sayangnya tidak ada perusahaan label mayor yang mau menerimanya. Oleh karenanya, dia memutuskan untuk mengedarkan albumnya secara Indie. Oleh karenanya, sang ayah pun harus menjual mobil untuk membiayai album pertamanya ini.

Dari penjualan Indie, Petra pun 'dilamar' oleh sebuah label dan tampil di beberapa program musik di televisi. Nama, lagu, dan penampilan Petra pun mulai disukai pecinta musik Indonesia, dan lagunya 'Cinta Tak Kemana-Mana' pun mulai populer.

Saat ini pria dengan tinggi badan 182 cm ini masih kuliah jurusan Komposisi Musik di Institut Musik Indonesia (IMI).