4 Kegiatan Biasa Dilakukan Orang Batak saat Akhir Pekan

Jordan Silaban | Sabtu, 23 April 2016 21:04:30

Tarian Tortor/Youtube
Tarian Tortor/Youtube

Akhir pekan biasa digunakan banyak orang, khususnya di perkotaan, untuk santai dan menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih. Bahkan, mereka tidak mau diganggu dengan hal-hal di luar itu.

Keinginan mereka menikmati quality time (waktu berkualitas) secara ekslusif tersebut bisa dimaklumi. Sebab, lima hari sebelumnya mereka telah sibuk bekerja.

Namun, pada orang Batak, hal tersebut tidak mungkin sepenuhnya terjadi. Pada akhir pekan, halak hita justru bisa semakin ‘sibuk’, kendati tetap bersama orang-orang terkasih.

Quality time saat weekend bagi kebanyakan orang Batak tidaklah harus eksklusif. Dengan tradisi kekerabatan yang kuat dan luas, halak hita justru bisa menikmati quality time secara inklusif.

Mereka bisa berbaur bersama dalam sebuah acara ‘hanya’ karena dipersatukan marga, kendati kurang kenal secara personal satu sama lain. Itu semua dilakukan karena ‘semarga’ dianggap sebagai ‘saudara kandung’.

Lalu apa saja kegiatan yang biasa dilakukan orang Batak saat akhir pekan? Berikut empat di antaranya yang dirangkum Batakgaul.com: