4 Jenis Gotong Royong dalam Masyarakat Batak Toba

Paul M Tambunan | Selasa, 09 Mei 2017 10:05:27

Ilustrasi Batak Toba/batakgaul
Ilustrasi Batak Toba/batakgaul

Luar biasa memang kecerdasan leluhur orang Batak dalam membaca tanda-tanda zaman. Bayangkan saja, sejak dulu mereka sudah menciptakan sistem gotong royong yang mengakar dan berkesinambungan untuk dilanjutkan keturunannya hingga ke generasi milenial sekarang ini.

Ada perumpamaan (umpama) Batak Toba yang diwariskan oleh leluhur (sijolo-jolo tubu) mengatakan: “Tampakna do tajomna, rim ni tahi do gogona”. Artinya, yang berat akan terasa ringan bila semua saling merangkul memberikan tenaga ataupun bantuan.

Ya itulah filosofi gotong royong bagi orang Batak...

Batakgaul.com pernah mendeskripsikan tentang 'Marsiadapari' sebagai sistem gotong royong dalam masyarakat Batak. Namun, itu masih satu bagian saja untuk merujuk pada konteks bertani atau berladang.

Tapi tahukah kalian bahwa masyarakat Batak mempunyai 4 jenis gotong royong sesuai konteks dan relasi terhadap pekerjaan yang akan di laksanakan.

Lewat perbincangan dengan Sahala Simanjuntak, Ketua Dekranasda Kabupaten Tobasamosir, saat kunjungan kerjanya ke Yogyakarta pekan lalu, kami merangkum ke-4 jenis gotong royong ala Batak Toba yang kaya nilai tersebut.

Apa saja? Berikut 4 jenis-jenisnya: