10 Jenis Ulos Menurut Ragi/Coraknya

Chandra Siagian | Minggu, 04 Juni 2017 10:06:04

Ilustrasi penenun ulos/kemenpar
Ilustrasi penenun ulos/kemenpar

Setelah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Nasional oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Nasional pada 17 Oktober 2014 lalu, ulos sudah menjadi ikon fashion/mode.

Banyak perancang busana yang memakai/memadukan Ulos sebagai bahan utamanya. Belum lagi banyak peneliti yang meneliti soal Ulos kita ini.

Tapi tahu gak ternyata ulos itu punya banyak jenisnya menurut ragi/coraknya?

R.H.P. Sitompul dalam bukunya Ulos Batak: Tempo Dulu-Masa Kini menjelaskan, ada sepuluh tingkatan dalam ulos jika dilihat dari jumlah ragi-nya.

Berikut adalah 10 ulos tersebut:

 

1. Ulos Ragi Jugia

Yang pertama dan paling tinggi adalah Ulos Ragi Jugia. Nah ulos ini katanya hanya bisa dikerjakan oleh partonun yang sudah  terampil serta punya pengalaman yang banyak dalam martonun.

Ulos Ragi Jugia/RHP Sitompul (2009)

Makanya jangan heran ulos inilah yang kualitas, kehalusan dan juga harganya paling mahal di antara ulos yang lain. Ulos ini juga disebut ulos homitan yang biasa disimpan di dalam Pamano-manoan

Ulos ini biasanya diwariskan untuk sang cucu. Ulos ini memiliki tujuh ragi  yang melambangkan : HagabeonHamoraonHasangapon, Garis Parngoluon, Mempunyai Kharisma, Keturunan yang rukun, dan Memiliki ilmu yang tinggi.

 

2. Ulos Ragi Idup

Ulos ini melambangkan kehidupan, dimana seorang Bapak yang memakai ulos ini berarti dia lagi menikmati hidupnya sebagai bapak yang sudah memiliki cucu (pahompu) dan ingin hidup sampai lanjut usia.

Ulos Ragidup/RHP Sitompul (2009)

”Idup dalam bahasa Batak berasal dari kata mangidup, mangalsik, menginginkan, menikmati. Ketika seorang Bapak memakai ulos Ragidup, dia sedang menikmati kehidupannya sebagai seorang Bapak yang sudah marpahompu/ bercucu dan menginginkan  sampai dengan saur matua ” (Sitompul, 2009 : 22).

Ulos ini memiliki motif yang terlihat hidup dan merupakan ulos yang paling indah di antara semuanya. Ulos ini memang dibuat untuk pria yang dapat digunakan untuk pesta adat baik sukacita maupun dukacita.