Prittt..! Ini 'Polisi Toba’ yang Paling Ditakuti di Tano Batak

Coky Simanjuntak | Selasa, 28 Februari 2017 10:02:27

Ilustrasi 'Polisi Toba'/tobakartun.wordpress.com
Ilustrasi 'Polisi Toba'/tobakartun.wordpress.com

Bagi kebanyakan orang Batak, istilah 'Polisi Toba’ pasti sudah tidak asing lagi. Poisi Toba ini konon paling ditakuti seantero Tano Batak.

Bagaimana tidak, 'Polisi Toba' ini bisa tiba-tiba datang ke terminal dan lapo tuak untuk mengejar target buruannya yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

Bah, nungnga ro (sudah datang) Polisi Toba,” begitu kira-kira ucapan seorang laki-laki dewasa dan rekannya di lapo tuak begitu melihat ‘Polisi Toba’ ini datang dengan membawa pentungan.

(BACA: Diputar Lagu Batak, Polisi di Bonapasogit Ini Tugas Sambil Joget!)

Sadisnya lagi, 'Polisi Toba' ini bisa langsung menggeledah serta menyita isi dompet ’DPO/tersangka' tanpa surat perintah penggeledahan/penyitaan.

Barangkali proses yang tanpa prosedur ini yang membuat 'Polisi Toba' lebih ditakuti ketimbang polisi sungguhan.

Ya, sebutan ‘Polisi Toba’ ini memang bukan merujuk pada aparat kepolisian sungguhan, tetapi sebutan (bahkan olok-olok) dari para suami orang Batak untuk istri-istri mereka.

(LIHAT VIDEO: Begini Jadinya kalau Satu Kompi Pasukan Brimob ‘Manortor’)

Konon bukan Aliansi Suami Takut Istri (ASTI) saja yang ‘mabiar’ sama Polisi Toba ini. Preman-preman di terminal pun banyak yang tunduk pada mereka…ha-ha-ha

(Cerita ini hanya lelucon, jangan terlalu dianggap serius. Jika ada kesamaan cerita di dunia nyata, yakinlah itu hanya kebetulan semata)