Perjuangan Hardoni Sitohang Buka Kursus Musik Batak di Jakarta

Laurencius Simanjuntak | Jumat, 06 Oktober 2017 14:10:01

Hardoni Sitohang di Studio Gondangta, Kayu Putih, Jaktim/batakgaul
Hardoni Sitohang di Studio Gondangta, Kayu Putih, Jaktim/batakgaul

Kecintaan Hardoni Sitohang pada seni musik tradisi Batak tidak diragukan lagi. Buktinya, dia rela meninggalkan kariernya sebagai dosen di Medan untuk membuka studio musik di Jakarta.

Studio Gondangta, demikian nama studio yang didirikan Hardoni pada Maret 2017 silam. Beralamat di Jl. Beton No. 88, Kayu Putih, Jakarta Timur, studio ini menjadi saksi bagaimana Hardoni mengajari banyak orang memainkan alat musik Batak.

“Ini salah satu upaya saya mencegah kepunahan seni musik tradisi Batak,” kata Hardoni saat berbincang dengan batakgaul.com di Studio Gondangta belum lama ini.

Hardoni Sitohang di Studio Gondangta/batakgaul

Di Studio Gondangta, setiap orang bisa mempelajari alat-alat musik tradisi, seperti sulim, hasapi, taganing, serunai, tulila dan garantung.

“Untuk alat musik modern kami juga mengajarkan saksofon dan gitar pop atau klasik,” kata anak ke-7 mediang maestro Guntur Sitohang ini.

Les musik tradisi di Studio Gondangta ini terbagi menjadi 3 paket, yakni privat (perorangan), keluarga (2-5 orang) dan umum/kelompok (10-20 orang).

“Kalau paket keluarga untuk satu instrumen, sedangkan paket kelompok bisa untuk berbagai instrumen,” kata pria yang baru menelurkan album rohani dengan alat musik tulila ini.



Murid Hardoni kini cukup banyak, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa."Ikuti zamanmu, jangan tinggalkan budayamu," kata Hardoni tentang tagline Studio Gondangta.

Bagi mereka yang sibuk bekerja, Hardoni pun menyiapkan waktu kursus yang fleksibel.

“Kita apresiasi mereka yang sibuk di Jakarta tapi masih mau belajar musik Batak. Makanya, mereka bisa datang kapan saja, asal diberi tahu lebih dulu,” kata Hardoni yang sering memberi les hingga larut malam.

Jadi, bagi kalian yang sibuk bekerja di Jakarta, tidak ada alasan lagi untuk tidak belajar musik Batak. Info selengkapnya untuk Studio Gondangta bisa dicek di Facebook atau hubungi langsung ke nomor 0813 6140 1023.