Pemandian Air Soda Tarutung Satu-satunya di Dunia

Jordan Silaban | Senin, 18 Juli 2016 11:07:41

Pemandian Air Soda Tarutung, Tapanuli Utara/wikipedia
Pemandian Air Soda Tarutung, Tapanuli Utara/wikipedia

Wisata kolam pemandian air adalah hal biasa di Indonesia yang wilayahnya banyak merupakan dataran tinggi. Misalnya saja kolam pemandian di air terjun, sampai kolam air panas yang memiliki kandungan belerang.

Tapi, pernahkah kalian tahu bahwa ada kolam pemandian air soda? Ya, soda yang biasa kalian temukan dalam minuman bekarbonasi itu!

Wajar kalau kalian baru dengar ada kolam pemandian air soda, sebab pemandian ini cuma ada dua di dunia. Pertama di Venezuela, kedua di kampung kita!

Ya, kolam pemandian air soda itu terletak di Desa Parbubu I, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

”Pemandian air soda ini adalah harta yang tak ternilai harganya,” kata Minar Sihite, penemu pemandian air soda, yang sudah berusia 80 tahun, seperti dikutip Harian Kompas, 16 Maret 2016.

Minar membenarkan, pemandian air soda hanya ada dua di dunia. Pertama yang dia kelola, dan satu lagi di Amerika Latin.

Namun, sepengatahuan Minar, kolam di Amerika Latin itu tidak lagi digunakan sebagai tempat pemandian, sehingga di Tarutung-lah satu-satunya kolam pemandian air soda yang masih aktif.

"Maka kita harus bersyukur dan menjaga pemandian ini,” kata Minar.

(BACA JUGA: Air Terjun Tertinggi di Indonesia Ini Ada di Toba Samosir)

Minar bercerita, awalnya ia menemukan mata air soda ini pada 1973. Kala itu lokasi masih berbentuk mata air yang ditutupi batu-batu, tempat berkubang kerbau. Belum berbentuk kolam. 

"Masyarakat kala itu menganggap mata air soda sebagai tempat yang angker. Itu karena tanaman padi masyarakat kerap mati jika air soda mengalir ke sawah,” ujarnya.

Wisatawan mandi di kolam air soda Tarutung/travel.kcm

 Warna merah seperti karat di sekitar mata air itu pun dianggap memberikan kesan mistis. Dalam bahasa Batak, pemandian air soda itu disebut Aek Rara. Aek artinya ’air’, rara artinya ’merah’.

Berkebalikan dengan kebanyakan anggapan orang, Minar percaya mata air itu akan membawa berkat baginya dan masyarakat. Minar pun terus mengembangkan pemandian itu hingga pada tahun 1990 ia membuat kolam dari semen dan bertahan hingga hari ini.

(BACA JUGA: Di Siantar, Wisatawan Bisa Lihat Harimau Putih Sangat Dekat!)

Selain sebagai tempat bervakansi, kata Minar, mandi di air soda juga berkhasiat untuk kesehatan. 

”Air soda ini bisa menyembuhkan gatal-gatal, rematik, dan sakit mata,” ujar Minar. 

Bahkan, setiap hari Minar meminum langsung air soda itu. Sebab, menurut dia, kandungan soda bisa mencegah asam urat dan pengapuran tulang. Hmmm..pantas Ompung Minar ini tampak masih sehat betul…. :)

SPONSORED
loading...