Orang Batak Menyebutnya Rimbang, Ternyata Enak Buat Jus & Puding!

Alex Siagian | Sabtu, 14 Januari 2017 15:01:15

Rimbang/blogspot
Rimbang/blogspot

Masyarakat umum biasa menyebutnya cepokak atau takokak. Namun, di Tano Batak buah dari bernama latin Solanum torvum Sw ini disebut rimbang.

Oleh masyarakat Batak, buah sebesar kelereng jenis terung-terungan ini biasanya digunakan untuk campuran sayur.

Tapi, tahukah kalian bahwa rimbang ternyata juga enak dibuat jus. Hal inilah yang dilakukan para mahasiswa Institut Teknologi DEL Laguboti.

"Ini berbahan dasar rimbang. Kita campur dengan nanas. Tidak ada campuran lain seperti gula, pengawet atau pewarna lain," sebut Budianto Sentosa Silaen, salah satu mahasiswa, saat memamerkan jus hasil kreasinya di kampusnya, Laguboti, Tobasa, Sabtu (14/1).

(BACA: Pizza Andaliman, Makanan Italia Cita Rasa ‘Halak Hita’)

Jus rimbang/batakgaul

Menurut Budianto bersama kedua rekannya, Desi Pakpahan dan Hottua Gultom, jus rimbang ini mengandung Vitamin A dan vitamin C yang baik untuk mata. 

"Ini mengandung vitamin A dan C yang baik untuk mata," lanjut Budianto yang juga disaksikan pendiri kampus yang juga Menko Maritim Luhut Pandjaitan.

(BACA: Jangan Menolak Makan Kalau Bertamu ke Rumah Orang Batak)

Saat disajikan kepada para undangan, jus rimbang tersebut langsung menjadi favorit. Bahkan Direktur Pemasaran Badan Otorita Danau Toba, Basar Simanjuntak, yang ada di lokasi pameran juga mencobanya.

"Enak. Rasanya manis, tapi rasa nanasnya lebih dominan. Tidak ada aroma cepokak-nya sama sekali. Segar," sebutnya yang langsung menghabiskan satu gelas jus rimbang tersebut.

Selain mengkreasikan rimbang menjadi jus, ketiga mahasiswa/i Batak ini juga menciptakan puding.

Bagaimana jadinya?