Nora Samosir, Boru Batak yang Jadi Aktris Ternama di Singapura

Coky Simanjuntak | Selasa, 24 Januari 2017 18:01:18

Nora Samosir/Facebook
Nora Samosir/Facebook

Nama Nora Samosir barangkali tidak begitu terkenal di Indonesia. Namun, di Singapura, negara tempatnya tinggal sekarang, Boru Batak itu dikenal sebagai aktris ternama.

Wajar saja, dia sudah memulai kariernya di dunia teater, film dan televisi di Negeri Singa tersebut sejak 1979. Nora yang sudah menjadi warga negara Singapura ini juga sudah banyak menorehkan prestasi di negaranya.

Salah satunya adalah Life Theatre Award untuk Aktris Pendukung Terbaik (Best Supporting Actress) pada 2002. Dua penampilan terpentingnya di dunia pertunjukan Singapura adalah The Swallowed Seed (2002) dan Revelations (2003).

(BACA: Ternyata, Ada 'Boru Nainggolan' Bermain di Klub Sepakbola Italia)

Nora Samosir/Facebook

Nora menyelesaikan studinya di Central School of Speech and Drama, London, dan lulus dari York University, Toronto, Kanada dengan gelar Bachelor of Arts (Honours). Dia juga memiliki sejumlah kualifikasi dalam pelatihan suara dan vokal.

Selain sebagai aktris, Nora yang fasih berbahasa Inggris, Malaysia dan Indonesia ini juga dosen di National University of Singapore. Di kampus terkenal itu, dia mengajar di Departemen Bahasa Inggris dan Literatur untuk mata kuliah terkait teater, drama dan olah vokal.

Sebagai aktris ternama, wajah Nora tak asing lagi bagi penonton televisi Singapura. Sejumlah serial televisi pernah dilakoninya.

Apa saja?