Master dari Oxford Pulang Kampung Menjawab Panggilan Danau Toba

Alex Zetro Siagian | Kamis, 30 Maret 2017 13:03:10

Togu Simorangkir/FB
Togu Simorangkir/FB

Namanya Togu Simorangkir. Setelah lulus dan mendapat gelar master dari universitas ternama di Inggris pada 2003 lalu, dia pulang ke Indonesia.

Setelah mengabdi untuk Yayasan Orang Utan Indonesia di pedalaman Kalimantan, pria kelahiran Pematang Siantar 41 tahun silam ini akhirnya memenuhi panggilan untuk membenahi pendidikan anak-anak di Bona Pasogit.

Marsipature Hutanabe (membenahi kampung halaman), begitu pikiran Togu saat memutuskan mulak tu huta delapan tahun lalu.

"Kita hanya berpikir untuk mewujudkan mimpi anak-anak di kawasan Danau Toba ini,” kata Togu kepada batakgaul.com di Samosir, belum lama ini.

Pria bernama lengkap Togu Mangido Tua Ginabean Simorangkir ini menuntaskan pendidikan strata 1 di Fakultas Biologi dari Universitas Nasional Jakarta tahun 1999 dengan gelar S. Si. Usai lulus, dia lalu bekerja di Yayasan Orang Utan Internasional sejak tahun 1999-2001.

Tak puas dengan pencapaiannya kala itu, sulung dari 2 besaudara ini lalu berangkat ke Inggris pada tahun 2002 untuk melanjutkan pendidikan strata 2. Dia kemudian mendapat gelar Master of Sience in Primate Conservation dari Oxford Brookes University pada 2003 lalu. 

Usai menyandang gelas M.Sc, Togu kembali ke tanah air dan mendedikasikan dirinya di Yayasan Orang Utan Indonesia selama 7 tahun hingga tahun 2010. Selama itu, ia bertugas di pedalaman Kalimantan.