Kisah di Balik Penciptaan Lagu ‘Mardua Holong’ yang Menghebohkan

Tuntun Siallagan | Jumat, 31 Maret 2017 20:03:13

Omega Trio/FB
Omega Trio/FB

Lagu ‘Mardua Holong’ awalnya diciptakan demi memenuhi permintaan produser agar Omega Trio menciptakan lagu-lagu sendiri sehingga bisa masuk dapur rekaman. Singkat cerita, lagu itu pun tercipta pada Januari 2014.

Saut pun tidak sungkan mengatakan, lagu tentang patah hati ini juga merupakan bagian dari pengalaman pribadi.

“Bisa dikatakan sebagai pengalaman, dan kebetulan juga di zaman sekarang. Kisah perselingkuhan sudah sering terjadi di kalangan anak muda,” ujarnya.

Saut Basara/FB

Namun, dia mengatakan, lagu yang merupakan pengalaman pribadinya itu tidak akan tercipta tanpa ilham dari Tuhan. Penyesuaian dengan selera pasar kemudian semakin meroketkan lagu ‘Mardua Holong’ tersebut.

“Targetnya memang menciptakan lagu biar bisa diterima atau banyak dialami orang lain,” ujarnya.

Meski demikian, kata Saut, ketenaran lagu ‘Mardua Holong’ tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Sebab, sebelumnya Saut lebih mengandalkan lagu berjudul ‘Holong Na Ias’ yang juga diciptakannya untuk album perdana Omega Trio.

“Tapi ternyata malah lagu ‘Mardua Holong’ yang diterima masyarakat banyak. Tapi setelah saya pikir-pikir sekarang memang, atau setelah mendengar kembali kedua lagu itu, memang lagu ‘Mardua Holong’ yang lebih menyentuh dan mungkin banyak dialami orang lain,” terang pria yang menikah dengan Rosdiana Gultom ini.

Lalu, bagaimana tanggapan Saut ketika banyak pihak yang mendaur ulang lagu karyanya?