Jatuh Bangun Marulam Hutauruk Mendirikan Penerbit Erlangga

Coky Simanjuntak | Sabtu, 10 Juni 2017 10:06:28

Marulam Hutauruk dan istrinya, Helena br Tobing/erlangga.co.id
Marulam Hutauruk dan istrinya, Helena br Tobing/erlangga.co.id

Dari namanya banyak yang menyangka penerbit buku Erlangga didirikan oleh orang Jawa Timur. Maklum saja, Erlangga atau Airlangga merupakan pendiri kerajaan Kahuripan yang sekarang masuk wilayah Jawa Timur.

Tapi tahukah kalian, penerbit besar buku-buku sekolah itu ternyata didirikan oleh Marulam Hutauruk. Mantan guru ini mendirikan usaha penerbitan pada 1952.

Seperti dikutip dari Pedia Tokoh Batak, Marulam adalah putra Batak kelahiran Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, 7 November 1915. Menyelesaikan sekolahnya di Tarutung, didikan zending gereja ini menjadi guru di Semarang dan kemudian kepala sekolah.

Sejak menjadi guru, Marulam selalu bersemangat memberi bahan ajar terbaik buat anak didiknya. Semangat itulah yang akhirnya membuat dia menulis sendiri buku-buku sebagai bahan ajar.

Selain menulis buku ajar, Marulam juga menulis sejumlah buku tentang sejarah, politik dan tentu saja Bangso Batak. Marulam menulis buku ‘Sejarah Ringkas Tapanuli: Suku Batak’ dan diterbitkan Erlangga pada 1987.

(BACA: Inilah Ompung Pantur Silaban, 'Einstein' dari Tano Batak)

Sumber: tokopedia

Tidak gampang bagi Marulam menjalankan usaha penerbitan yang didirikannya. Jatuh bangun dia hadapi sebelum Erlangga menjadi penerbit besar setelah 65 tahun berdiri sekarang ini.

Bagaimana ceritanya?