Jangan Kaget! Ada Orang Batak Mirip Negro di Filipina

Coky Simanjuntak | Senin, 08 Agustus 2016 22:08:28

Suku Batak di Filipina/ Dario Novellino (Survival)
Suku Batak di Filipina/ Dario Novellino (Survival)

Nama ‘Batak’ ternyata tidak hanya merujuk suku bangsa yang berasal dari Sumatera Utara, Indonesia, seperti kita. Di Filipina, ada juga suku yang bernama Batak.

Suku Batak di Filipina adalah satu dari 70 suku asli (pribumi) di negara kepulauan di utara Indonesia itu. Meski begitu, ciri-ciri fisik mereka jauh dari kebanyakan orang Batak di Indonesia.

(BACA: Tahukah Kalian, Ada 3 Ribu Lebih 'Orang Batak' di Bulgaria)

Hidup di Palawan, pulau di Barat Daya Filipina, orang Batak di sana berperawakan kecil dengan kulit hitam dan rambut keriting. Mereka juga hidup berkelompok. 

Itu makanya mereka lebih sering dikelompokan sebagai ‘Negrito’, sebutan untuk jenis negro di Asia Tenggara yang mempunyai ciri-ciri fisik dengan negro di Afrika (Negriloss).

Wanita Suku Batak di Filipina dan anaknya/timetravelturtle.com

Uniknya lagi, jumlah Suku Batak di Filipina ini sangat kecil. Sejumlah sumber menyebutkan, jumlah mereka saat ini tidak lebih dari 500 orang. 

Angka ini tentu sangat jomplang dengan jumlah Batak di Indonesia yakni 8,5 juta jiwa (Sensus BPS, 2010).

(BACA: Di Malam Penghargaan Film, Aktor Ini Sebut 'Karo Bukan Batak’)

Dahulu suku Batak di Filipina hidup nomaden dengan berburu. Namun hingga kini, mereka masih memeluk animisme, kepercayaan yang menyembah roh-roh nenek moyang seperti Batak di Indonesia dahulu.

Hmmm... Semoga suku Batak di Filipina ini tetap bertahan dari terpaan zaman ya...