Gotong Royong Warga Balige Buat Ikan Mas Melimpah di Sungai Ini

Alex Siagian | Senin, 05 Juni 2017 09:06:05

Pengendara memberi makan ikan mas dari jembatan Juara Monang, Balige/alex
Pengendara memberi makan ikan mas dari jembatan Juara Monang, Balige/alex


Ide ini muncul saat warga Balige dibantu salah seorang perantau asal daerah setempat, bersama-sama menabur ribuan ekor bibit ikan mas di Sungai Halian, Kelurahan I Balige, Kecamatan Balige.

Ribuan ekor ikan mas ini ditabur pada Februari 2017 lalu dan rencananya akan dipanen bersama pada Juni ini. Setelah dipanen, warga juga sudah sepakat untuk menabur bibit ikan mas yang agak besar untuk dipanen Desember atau menjelang Natal dan Tahun baru nanti.

"Ini kesepakatan sesama warga. Warga memberi bantuan semampunya, lalu kita beli ikan mas dan kita tabur,” ujar Pak Hutagaol, warga setempat kepada batakgaul.com, belum lama ini.

Ribuan ikan yang sudah membesar tersebut kini mencuri perhatian dan menjadi tontonan para warga serta pengendara yang melintas. Tak jarang para pengendara itu bahkan membeli pakan ikan untuk sekadar singgah dan melepas penat.

“Meski pengendara sering menabur pakan, tapi kita nggak berharap dari situ. Kita tetap bergantian memberi pakan ikan itu setiap pagi dan sore. Dan itu nggak pake jadwal, tapi atas dasar kemauan kita sendiri,” kata Hutagaol.

Kebersamaan warga Balige ini seakan menjadi bukti jika warga Balige masih 'Saroha' (sehati).

Kenapa?