Di Paris, Para Pakar Kuliner Dunia Akui Kelezatan Naniura

Coky Simanjuntak | Selasa, 07 Februari 2017 11:02:49

Naniura/merahputih.com
Naniura/merahputih.com

“Gala dinner ini mantap dan masakannya mengagumkan. Saya pernah ke Indonesia sudah lama sekali, dan sungguh memang negara ini indah dan saya tahu Indonesia tidak hanya memiliki makanan jalanan tetapi juga yang bernilai gastronomi tinggi,” ujar Balsac.

Pujian yang sama juga disampaikan istri ketua Academy Gastronomy Amerika, Marianne Avigdor. 

“Kuliner Indonesia keren dan di atas ekspetasi. Sukses besar untuk Indonesia,” ujar Avigdor.

Acara Gala Dinner juga diawali dengan cocktail dan menampilkan canaps berupa dendeng balado padang, sumpia Jakarta, pecel piti. Sementara sajian utama terdiri dari bakwan jagung, buntil pare kelapa kepiting, rawon espresso serta rendang anak sapi, lempah kulat dengan makanan penutup berupa kolak pisang-Labu-ubi, lapis legit saos avocado espresso kahlua eggnog, muso jambi banana.

Asisten Deputi Pemasaran Mancanegara wilayah Eropa Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya menyampaikan acara gala dinner yang bertujuan membawa misi Promosi Wonderful Indonesia menyampaikan apresiasi dan mengundang semua yang hadir menjajaki gastronomi Indonesia lebih jauh lagi dengan berkunjung langsung ke Indonesia.

Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kemenpar, Vita Datau, yang juga Ketua Akademi Gastronomi Indonesia (AGI) mengatakan, pihaknya akan terus berupaya mendorong kuliner nusantara tampil di pentas dunia.

Menurutnya, Thailand, Vietnam dan Malaysia sudah lebih dahulu menggunakan cita rasa makanan sebagai alat promosi dan diplomasi pariwisata.

Apakah kuliner Indonesia mampu bersaing?