Cerita Togu Simorangkir Buat Jokowi Terbahak-bahak di Istana

Coky Simanjuntak | Rabu, 03 Mei 2017 10:05:38

Presiden Jokowi dan Togu Simorangkir/istimewa
Presiden Jokowi dan Togu Simorangkir/istimewa

Pendiri Yayasan Alusi Tao Toba,Togu Simorangkir, menjadi salah satu pegiat literasi yang diundang Presiden Jokowi ke Istana Negara saat peringatan Hari Pendidikan Nasional, Selasa (2/5).

Dalam pertemuan itu, Togu yang senang bercanda, sempat membuat sang presiden tertawa terbahak-bahak. Ini lantaran  kelakar Togur pada akhir acara.

"Di akhir acara aku berkata begini 'Pak Presiden, saya sudah hapalin 7 nama ikan loh. Ngga bapak tanya ya? Padahal pengen dapat sepeda,” kata Togu yang didengar jelas oleh Jokowi dan 37 undangan lain.

Mendengar kelakar tersebut, Jokowi tertawa lepas. “Dan suasana Istana Negara pecah dengan ketawa,” kata Togu lewat akun Facebooknya.

Pertemuan Presiden Jokowi dengan 38 pegiat literasi di Istana Negara/FB

Sebelum Jokowi melayani sesi foto, ulah Togu pun kembali mebuat sang kepala negara tertawa.

"Bapak Presiden, saya bawa pulang ya nama saya yang ada di meja ini. Ini sejarah hidup saya,” kata Togu tentang name tag bekas penanda posisi duduk saat pertemuan.

Mendengar permintaan itu, Jokowi kembali tertawa. “Dan semua teman-teman melepaskan nama masing-masing dari tempatnya,” kata Togu.

Bagi Togu, pertemuan dengan orang nomor satu di republik ini adalah pengalaman yang luar biasa. “Ini akan menjadi cerita dalam perjalanan hidupku,” kata Togu yang datang mengenakan kemeja gorga dan ulos ratusan tahun peninggalan ompungnya.