Cerita tentang ‘Orang-orang Pendek’ Penghuni Gua di Tano Batak

Chandra Siagian | Minggu, 02 April 2017 10:04:34

Suku Mante/Youtube
Suku Mante/Youtube

Belum lama ini, publik sempat dihebohkan dengan kemunculan sosok misterius yang terekam kamera penggemar motocross di Hutan Leuser, Aceh. Dalam video rekaman itu, sosok tersebut tidak berpakaian dan membawa kayu di tangan kanannya.

Banyak yang menyebut sosok ini sebagai Suku Mante. Cici-cirinya bertubuh kecil dengan tinggi sekitar satu meter, telanjang, rambut terurai, kulit cerah, tubuh gempal berotot dan wajah bersegi dengan dahi yang sempit, lalu alis mata yang menyatu di pangkal hidung yang kelihatan pesek.

Sebenarnya penampakan makhluk sejenis ini tidak hanya pernah terjadi di Aceh saja. Di pulau Sumatera, umumnya cerita tentang ‘orang pendek’ telah ada sejak tahun 1900-an. Misalnya, prang pendek di Taman Nasional Kerinci.

Nah, berbicara soal orang pendek ini, tahukah kalian bahwa orang Batak juga punya cerita soal makhluk yang diduga dari Suku Mante ini. 

Cerita ini tercatat dalam literatur penting tapi tidak begitu diingat orang adalah tulisan G.L. Tichelman’s berjudul “Felsengänge an Sumatras Ostküste” yang pertama kali diterbitkan di Jerman oleh Jurnal Paiduma tahun 1939. 

Bagaiman ceritanya?