Cerita Ompung Diana Pasaribu, Raih 3 Rekor MURI di Usia Senja

Coky Simanjuntak | Senin, 02 Januari 2017 09:01:02

Dr. Diana Patricia Pasaribu S.S.Fil., M.Pd., M.Th., D.Min/ Facebook
Dr. Diana Patricia Pasaribu S.S.Fil., M.Pd., M.Th., D.Min/ Facebook

Semangat dan kegigihan khas orang Batak tampak jelas dalam hidup Diana Patricia Pasaribu. Di usianya yang kini menginjak 79 tahun, wanita kelahiran Laguboti, Toba Samosir ini sudah mencatatkan tiga rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Semua rekor didapatkan Ompung Diana karena kegigihannya menuntut ilmu. Bayangkan saja, ompung enam anak dan 12 cucu ini baru memutuskan untuk kuliah di saat usianya sudah menginjak kepala 6.

“Saya tidak kasih tahu suami (untuk kuliah), yang penting saya sesesaikan pekerjaan rumah tamgga saya. Kalau saya runding, saya tahu tidak akan boleh,” kata Ompung Diana saat membagi kisah inspiratifnya di acara Kick Andy, belum lama ini.

Karena semangat belajarnya yang tinggi, Ompung Diana lulus dari STF Driyarkara, Jakarta, pada usia 65 tahun dan mendapat gelar Sarjana Sains Filsafat (S.S.Fil).

(BACA: Pendidikan Orang Batak Sudah Terbaik di Indonesia pada Abad 19)

Ompung Diana saat diwisuda di STF Driyarkara/FB

Meski pernah mengenyam pendidikan tinggi di bidang keperawatan (1955) dan kebidanan (1960), Ompung Diana belum pernah meraih gelar sarjana. Baru pada 2002-lah dia berhasil meraih gelar strata 1 dan mencatat rekor MURI sebagai ‘Sarjana Wanita Tertua’.

Lulus sarjana, Ompung Diana langsung melanjutkan studi lagi. Dimana?