Band Berisi 5 Pemuda Ganteng Ini Khusus Bawakan Lagu Simalungun

Tuntun Siallagan | Kamis, 23 Maret 2017 20:03:58

Marsal Band/Alfredo Purba
Marsal Band/Alfredo Purba

Setelah lagu-lagu berbahasa Batak Toba bermunculan dengan genre seperti pop, rap, punk rock, dan lainnya, kini giliran anak muda Simalungun yang unjuk kemampuan.

Grup band yang membawakan lagu-lagu ‘pop ballad’ berbahasa Simalungun itu bernama Marsal Band.

Meskipun membawakan bahasa Simalungun, tidak semua personel band ini diisi oleh puak Simalungun. Ada juga Toba dan Karo.

Personel Marsal Band yakni Dolly Meiro Sumbayak (vokal), Nico Sidauruk sebagai (drum), Missael Jasa Kaban (bass), Oji S. Sihaloho (gitar) dan Panda Parulian Turnip (gitar).

(BACA: Punxgoaran, Band Punk-nya Anak Muda Batak)

Menurut Dolly, Marsal Band terbentuk tanggal 25 Desember 2012. Awalnya band ini terbentuk untuk memuliakan nama Tuhan dengan cara membawakan lagu-lagu rohani di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Cipayung, Jakarta Timur.

“Kemudian terus berlanjut di gereja-gereja di Jakarta. Marsal Band dulu pernah diundang menjadi bintang tamu dalam perayaan Pekan Lebaran, Save Rumah Bolon, dan aksi peduli kasih untuk Sinabung di TMII Anjungan Sumatera Utara,” ujar Dolly kepada batakgaul.com beberapa waktu lalu.

Marsal Band/FB

Setelah mulai eksis di dunia musik, Marsal Band pun mendapat simpatik dari Raymanto Marhaendi Sumbayak, pemerhati musik Simalungun yang kebetulan sebagai pembimbing pemuda/i GKPS Cipayung. Singkat cerita perkenalan ini pun membawa Marsal Band masuk dapur rekaman.

Soal pemilihan nama Marsal Band, Dolly menjelaskan kalau ‘Marsal’ diambil dari kata ‘Marsinalsal’. Dalam bahasa Simalungun, ‘Marsinalsal’ itu mengandung makna bersinar.

“Jadi nama Marsal Band dapat diartikan bersinarlah Simalungun dalam hal seni musik,” jelasnya.  

Apa saja lagu karya Marsal Band?