Air Terjun Tertinggi di Indonesia Ini Ada di Toba Samosir

Coky Simanjuntak | Jumat, 15 Juli 2016 07:07:17

Air Terjun Sigura-gura/wisatasumutpaten.com
Air Terjun Sigura-gura/wisatasumutpaten.com

Tanah Batak tidak hanya menyimpan budaya yang kaya, tetapi juga keindahan alam luar biasa. Misalnya saja air terjun Sigura-gura.

Tahukah kalian bahwa air terjun yang terletak di Kabupaten Toba Samosir ini adalah yang tertinggi di Indonesia. Dengan air yang berasal dari Sungai Asahan (Danau Toba), air terjun ini mempunyai ketinggian 250 meter (820 kaki).

Ketinggian air terjun Sigura-gura mengalahkan air terjun Madakaripura di Probolinggo, Jawa Timur (200 m/656 kaki) dan Payakumbuh, Sumatera Barat (150 m/492 kaki).

Sumber:wikipedia

Berada di dataran tinggi Tano Batak, panorama air terjun Sigura-gura begitu menakjubkan. Pepohonan yang hijau dan tebing-tebing yang terjal dan licin membuat pemandangan sekitarnya demikian asri.

(BACA JUGA: 4 Keindahan Air Terjun Dua Warna Sebelum Diterjang ‘Air Bah’)

Udara di sekitarnya sangat sejuk dan dingin, membuat siapapun yang merasakannya seakan tidak ingin pulang. Sebab, para wisatawan boleh mendirikan tenda untuk berkemah di sekitar air terjun ini.

Belum lagi dentuman air yang bisa terdengar dari kejauhan membuat suasana begitu alami.

Air terjun Sigura-gura/wisatasumutpaten.com

Bagi wisatawan Sumatera Utara, air terjun Sigura-gura sudah tidak asing lagi. Namun, air terjun ini sepertinya belum banyak dikenal oleh pelancong nusantara, apalagi mancanegara, kendati kompetisi arung jerang tingkat nasional dan internasional sudah beberapa kali digelar di sana.

Selain sebagai objek wisata, di air terjun Sigura-gura juga terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

(BACA JUGA: Pijak Batu 10 Jam, Mordang Harahap Lolos dari Air Terjun Maut)

Untuk menuju lokasi ini, wisatawan dapat menempuh perjalanan dari kota Medan menuju Toba samosir yang berjarak sekitar 250 km. Selama dalam perjalanan, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan Danau Toba yang begitu luas.

Atau dengan mulai aktifnya Bandara Silangit, Tapanuli Utara, wisatawan bisa menempuh perjalanan darat tidak lebih dari 2 jam untuk sampai ke Sigura-gura.